sms: 081 227 809 910
e-mail: titahsurga@yahoo.com

Tips dan Cara Cetak Buku Sendiri

Bagi teman-teman yang ingin menerbitakn buku sendiri, tentu juga harus mengetahui tips atau cara menetak buku sendiri. Mengapa demikian? Sebab, Self publishing membutuhkan kreativitas kita untuk meminimalisir modal atau menurunkan biaya operasional. Jika Anda belum mengetahui dunia percetakan, kami sebagai pendukung masyarakat self publishing ingin berbagi tips dan cara menerbitkan buku sendiri.

Pertama, siapkan file cover dan layout isi yang sudah fix. Teliti sebelum melangkah ke percetakan. Jika perlu, print di rumah dan lihat kembali, siapa tahu ada kesalahan ketik atau penempatan gembar. Istilah ini biasa disebut dengan proof reading. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan dalam menerbitkan buku. Meskipun, sangat sulit menemukan buku yang tidak memiliki kesalahan sama sekali. Setidaknya, Anda telah berusaha mengurangi kesalahan, sehingga buku terbitan Anda menjadi berkualitas.

Kedua, bawalah kedua file tersebut, cover dan layout isi ke percetakan yang menyediakan pelayanan membuat film untuk cetak cover dan master paper (plate paper) untuk layout isi. Untuk masalah harga, sebaiknya Anda melakukan survey dulu, sebab setiap percetakan memiliki standar masing-masing, termasuk kualitas film dan plate paper yang digunakan. Untuk film, biasanya dihitung per centimeter, sedangkan untuk plate paper dihitung per lembar.

Ketiga, jika film dan plate paper sudah selesai dicetak, kita tinggal membawanya ke percetakan yang melayani cetak full colour untuk cover dan cetak black white untuk cetak layout isi. Tidak semua percetakan memiliki stok kertas sendiri, ada yang mengharuskan kita untuk membawa sendiri. Jika demikian, segera menuju toko kertas terdekat. Untuk cover, biasaya menggunakan kertas Ivory 230 gram dan untuk isi buku ukuran A4 dengan berat 70 gram. Ukuran itu tidak selalu sama, tergantung kebutuhan Anda. Akan lebih baik, jika sebelumnya Anda melakukan survey di beberapa toko kertas dahulu untuk membandingkan harga dan kualitas kertasnya yang sesuai dengan kebutuhan dan kantong kita.

Keempat, jika sudah dicetak semuanya, siapkan tenaga untuk melakukan susun dan lipat isi buku. Jika di rumah ada saudara banyak kita bisa minta tolong dan memeberikan fee beberapa rupiah untuk pekerjaan tersebut. Akan tetepi, jika Anda bener-benar sendiri bisa mencari ke percetakan yang memiliki tenaga susun dan lipat. Untuk masalah ini, kita juga memerlukan sedikit ketelitian, jangan sampai terjadi salah susun, sehingga halamannya hilang atau doble.

Kelima, saatnya melakukan finishing, yaitu menjilid (bannding) dengan lem panas, memotong, dan melakukan wrappring (membungkus plastik satu per satu). Penyedia layanan finishing ini ada yang berbarengan dengan percetakan dan ada pula yang hanya menyediakan finishing saja. Kita bisa memanfaatkan hal tersebut sesuai kebutuhan dan kondisi. Jika butuh cepat, kita harus survey berkeliling, mencari yang sedang tindak antre.

Demikian tips dari kami. Jika Anda terlalu sibuk dan tidak memiliki waktu untuk mengurus sendiri semua proses tersebut, silakan mencari percetakan yang siap menampung semua pekerjaan itu atau kirimkan saja file cover dan layout isi Anda kepada kami. Kami siap membantu, dan semoga sesuai dengan kebutuhan Anda sekalian. Terima kasih.

0 komentar: